Persiapan Lamaran Hemat Budget

 Assalamu'alaykum

Seneng banget akhirnya bisa nulis pengalaman lamaran setelah selama ini cuma baca-baca di blog orang hahaha alhamdulillah. Biasanya cuma ngebayangin excitednya ngurusin nikahan, eh pas ngerasain sendiri ternyata pusing banget, beb! 

Semoga pengalamanku ini, bisa membantu ya, untuk kalian yang berencana melaksanakan acara lamaran dengan budget se-sederhana mungkin tapi masih sangat pantes dan berkesan.

Pertama banget yang mau aku bahas adalah hal paling essential dari sebuah acara. Yaps, apalagi kalo bukan makanan. Pertama sebelum kamu mau nentuin apakah akan masak sendiri atau pakai jasa catering, yang harus diketahui adalah acara ini akan mengundang berapa banyak orang? Dan apakah para tamu akan bawa bungkusan ketika acara selesai? Karena ada beberapa alternatif untuk menyiapkan makanan, yaitu tadi masak sendiri atau pakai jasa catering.

Keutamaan masak sendiri adalah kamu bisa sangat hemat biaya. Karena kita belanja sendiri, olah sendiri, dan bisa mengatur mau sebanyak apa. Metode ini cocok banget kalau kamu hanya melibatkan keluarga inti saja dan bagi-bagi besek ke tetangga terdekat. Nah, kekurangannya adalah kamu perlu tenaga ekstra. Mengolah masakan dalam jumlah banyak tentu gak seperti masak untuk sehari-hari. If you don't mind about it, masak sendiri sangat jadi solusi untuk yang low budget tapi punya banyak waktu dan tenaga ekstra.

Kedua, opsi catering. Biasanya pesan dalam satuan porsi. Melihat sisi praktisnya, otomatis ada harga yang harus kita bayar yah. Nah, ini sangat amat menjawab kebutuhan kamu yang nggak sempet ngurusin menu makanan, gak sempet ke pasar, dan tentunya tim mager kayak aq wkwkwk Untuk catering sendiri harga per porsi bervariasi tergantung menu. Dan biasanya acara-acara kayak gini minimal menyajikan daging kan, yah. Yang mana daging tuh mehong jadi mau nggak mau harga per porsi pun bisa mulai dari 18-rb ke atas. 

Aku sebagai anak mager sekaligus demen DIY garis keras, aku pilih untuk menggabungkan dua metode di atas. Pertama, aku gak punya banyak tenaga untuk masak sebanyak itu (sekitar 80 orang), kedua aku juga gak yakin masakan aku dan mamah bakalan seenak masakan kita sehari-hari karena ini porsinya banyak otomatis takarannya beda. Akhirnya aku dan mamah memutuskan untuk pesan catering ke tetanggaku yang usaha warteg. Mamahku bilang budget yang kita punya, kemudian jumlah tamu, dan tanya berapa biaya belanjanya. Nah ini tips juga nih, sebutin aja kamu punya budget berapa. Jadi si tukang masak bisa mantesin menu-menunya yang sesuai dengan budget kamu dan gak malu-maluin. Aku sendiri habis 1 jt untuk pesan catering ini. Aku percayakan catering ini ke orang yang bisa mantesin menu dan emang udah terkenal masakannya enak hehehe. Aku pesen lauk intinya aja, daging, sayur sop, sambel kentang sama nasi dan kerupuk.

Kedua setelah lauk inti disanggupi catering, aku tetep bikin salad sayur. Ini bener-bener gampang dan murah. Dan juga bisa bikin orang makan sedikit karena udah ambil saladnya banyak😂 ide ini juga request dari camik, tadinya karena dia kepengen salad sayur buatanku, eh trus dia nambahin, "lumayan kan, buat nambahin lauk jadi orang udah kenyang makan salad sebelum makan nasi" pinter bgt emg laki w. Dan alhamdulillah, pas hari H tamu-tamu pada bilang suka karena seger😁😁

Terus mamahku juga bikin capcay udang andalannya. Tapi ini life lesson banget, sih. Capcay ini cepet basi. Bener-bener cepet banget. Mamahku masak pagi jam 7 sorenya jam 3 udah bau :( jadi aku sarankan kalian masak lauk tambahan yang awet-awet aja, ya.

Nah, dengan cara diatas alhamdulillah semua tercukupi. Bisa bungkusin bebawaan ke keluarga camik, keluargaku (om dan tante) juga bisa bungkus, semua tamu bisa makan, dan alhamdulillah gak nyisa banyak jadi gak mubazir.

Selanjutnya soal kue-kue.

Untuk sajian kue-kue, di daerahku biasa menyajikan makanan kering kayak keripik singkong dan pangsit goreng. Selain itu mamahku juga bikin bolu, dan alhamdulillah banyak yang bantu bawa kue-kue lainnya untuk disajikan di piring. Kue-kue ini lebih banyak sisanya, bahkan berlimpah, karena tamuku kemarin kebanyakan bapak-bapak, jadi kurang suka kue mungkin. Nah, sisanya ini bisa untuk bungkus2 saudara, tetangga dan teman yang sudah ikut bantu. Tinggal kamu sesuaikan aja dengan tamu yang datang, kira-kira akan undang ibu-ibu atau bapak-bapak? Tapi menurutku untuk kue ini kita jangan terlalu keluar budget banyak, mendingan all out di catering aja. Karena berdasarkan pengalaman, biasanya orang akan banyak bantu bawa kue kue daripada lauk hihihi.

Selanjutnya dekorasi.

Ahahaha ini tuh bener-bener yang paling sedikit aku pikirin. Beneran! Gak kepikiran untuk nyewa dekorasi juga karena aku mikir mending uangnya aku jorjoran ke makanan, karena akan dimakan dan jadi daging! Hahahaha kalo dekor beneran deh, cuma pemanis aja kan ya intinya. Eh tapi alhamdulillahnya beberapa minggu sebelum lamaran, aku tuh lagi suka nonton DIY bunga flanel gitu. Nah salah satu videonya ada yang buat semacam gantungan bunga yang cantik tapi simple. Jadilah aku bikin tirai ala ala dari daun gitu wkwkwk bener-bener simple dan gak keliatan too much. Sederhana tapi manis. gue banget deh pokoknya hahaha. Lumayan banget buat backdrop foto ala-ala biar lamaranmu gak polos-polos amat.

Baju dan makeup

Aku bener-bener gak punya kebaya dan gak ada baju brukat-brukat dsb. Awalnya mikir mau pake flowery dress kesukaanku, cuma mikir tapi nanti jadi out of theme gak sih, kayak lagi tamasya :) jadi aku scrolling shopee, cek harga kebaya yang ternyata 100 atau 200 keatas. Aku agak skeptis sama yang harga murah, yang mahal sayang bener wkwkwk akhirnya pelabuhan terakhir aku ngubek-ngubek carousell. Alhamdulillah banget! Nemu brukat ukuran aku, model tunik dengan warna kesukaan aku juga :') dan yang bikin makin bangga, harganya cuma 60ribu dengan kondisi brukat masih bagus sekali no cacat dan bikin badanku keliatan langsheng :') alhamdulillah

Carousell solusi banget sih, asalkan kitanya rajin aja nyariin barang yg bagus dan mau pegel-pegelan nawar. Tapi alhamdulillah banget kemaren aku ketemu seller yang baik banget! Mau lewat shopee dan mau kirim hari itu juga. Makasih yah mbaknya :')

Oiya, bawahan brukatnya, aku pakai rok batik hadiah jadi bridesmaid di nikahan temenku beberapa taun lalu. Kerudungnya pakai pasmina yang biasa aku pake azaaa... Terus soal make up, aku dandan sendiri. Dandan kilat hahaha saking hecticnya aku baru mandi jam setengah jam sebelum acara. Aku dandan srat sret srat sret gak sampe 5 menit😂

Yang paling penting pake concealer! Apalagi buat kita yang punya dark circle, karena bisa bikin wajahmu auto seger. Sebelumnya jangan lupa pakai serum wajah dulu atau pelembab. Kulit aku sendiri dengan pemakaian serum aja udah lembab, jadi gak perlu pakai pelembab lagi karena akan minyakan dan gak nempel bedaknya. Aku pake serum mamahku hahahaha bagus banget! Pake serum itu, terus pake cocealer, trus bedakan pake bedak padet la tulip, udah seger aja muka. Abis itu pake eyeshadow warna peach cenderung coklat, maskaraan, alis dan blush on. Selesai deh. Testimoni dari temenku sih katanya aku cakep dandanannya hahaha padahal dia biasanya ngeledekin orang mulu kalo lagi dandan. Terus kata mas camik juga aku cantikkkk wkwkwk

Kalo diceritain panjang banget yah😂 gapapa, buat kenang-kenangan nanti ke anak cucu hihihi. Sampai sini dulu ya, nanti kalau ada waktu dan kesehatan aku sambung lagi ceritanya. Dadaaah semoga membantu.

Popular posts from this blog

Berandai-andai

Stranger

Cuma Mau Cerita